TIPS MEMILIH UKURAN ARROW

TIPS MEMILIH UKURAN ARROW

Anak panah ( Arrow )

Sebagai seorang pemanah ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis Arrow (anak panah). Dengan ini, Anda bisa mengetahui jenis arrows yang paling sesuai dengan bow (busur) yang digunakan. Jika arrow tidak sesuai dengan bow yang Anda gunakan, maka ia bisa melayang tak terkendali. Pada dasarnya semakin berat Draw Weight maka sebisa mungkin gunakan arrow yang kaku. Anda bisa bertanya pada Coach atau senior Anda, tapi ada baiknya Anda juga mengetahui jenis arrow dan size arrow berikut ini.

1. Wooden Arrows

Wooden Arrow ini dapat terbuat dari bambu atau kayu. Anda bisa membuatnya sendiri, namun membutuhkan waktu yang cukup lama dan sulit untuk membuat mereka seragam (sama). Atau membelinya dengan harga yang terjangkau. Jenis arrow ini terbilang ringan dan tidak mudah patah. Kekurangan Arrow jenis ini adalah tingkat kelurusan yang tidak konsisten, dan rentan terkena jamur bila disimpan di tempat yang lembab. Jenis ini cocok untuk longbow, tradisional, dan standar .

2. Fiber Arrows

Fiber Arrows biasanya menjadi pilihan bagi pemanah pemula. Selain harganya yang cukup murah, tingkat kelurusannya lebih baik dibandingkan dengan Wooden Arrows. Kemudian tidak menyerap kelembaban dan minyak. Bobot bahan ini memang lebih berat, namun cukup kuat sehingga cocok bagi pemanah pemula. Selain pada bobotnya, kekurangan Arrows Jenis ini adalah sulit digunakan untuk memanah jarak jauh. Arrow jenis ini hanya cocok untuk longbow, tradisional, dan standar.

3. Aluminium Arrows

Arrow ini memiliki tingkat kelurusan yang tinggi, sehingga sering digunakan untuk kejuaraan. Harga Arrow jenis ini lebih mahal dari Wooden atau Fiber, namun masih terbilang terjangkau. Selain itu arrow ini cocok untuk semua bow. Arrow jenis ini memang bisa melengkung/bengkok, namun bisa diperbaiki dan digunakan kembali.

4. Carbon Arrows

Arrow berbahan karbon umumnya digunakan oleh pemanah yang memakai compound atau recurve bow. Harga arrow ini cukup mahal, sesuai dengan kualitasnya. Tingkat kelurusan arrow ini sangat tinggi. Arrow jenis ini cukup awet dan ringan, serta cocok untuk digunakan kompetisi memanah jarak jauh. Penggguna arrow jenis ini perlu memperhatikan kondisi anak panahnya, karena apabila ada retak/pecah dapat melukai tangan. Anak panah ini cocok untuk pengguna recurve jarak jauh atau pengguna compound bow.

5. Composite Arrows

Jenis ini merupakan pilihan bagi Atlet profesional. Cocok untuk kejuaraan Dunia, karena tingkat kelurusannya yang sangat tinggi dan sangat akurat untuk memanah jarak jauh. Bahan panah jenis ini terdiri dari aluminium yang dilapis oleh karbon. Harga yang cukup tinggi untuk panah jenis ini sesuai dengan kualitas dan keawetannya. Oleh karena itulah jenis ini hanya direkomendasikan untuk pemanah profesional dan terlatih saja. Arrow ini cocok untuk pengguna recurve dan compound.

Nah setelah Anda mengetahui berbagai macam arrow, alangkah baiknya Anda mengetahui berapa size arrow yang cocok dengan Anda?. Kami memiliki 2 metode untuk menentukan arrow, diantaranya :

1.Berdasarkan panjang tarikan (Draw Lenght), Draw Lenght yang di bandingkan dengan weight pada arrow chart, biasanya di gunakan oleh professional untuk menentukan arrownya.

2.Berdasarkan tinggi busur, biasanya di gunakan oleh pemula untuk menentukan arrow yang sesuai, karena lebih mudah.

Dibawah ini adalah sistem untuk menentukan arrow, Jika anda pemula anda dapat menentukan arrow anda dengan click pemula , 🙂

Nah, dengan mengetahui size arrow yang tepat untuk Anda, maka hasil shoot Anda akan menjadi lebih akurat dalam bermain panahan.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *